Senin, 07 Agustus 2023

Sumber-Sumber makanan


Sumber - Sumber Makanan





Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 2 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 32-40 membahas tentang subbab "Apa itu Nutrien".

Makanan yang kita makan akan dipecah oleh sistem pencernaan menjadi nutrien, atau zat yang terkandung dalam makanan yang berisikan energi maupun bahan mentah yang diperlukan tubuh untuk bisa menunjang kehidupan.

Nutrien terbagi jadi enam kategori, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Selanjutnya kamu akan diajak untuk membahas masing-masing tentang nutrien, di antaranya:

Jenis-Jenis Nutrien yang Dibutuhkan Tubuh

1. Karbohidrat

Salah satu asupan karbohidrat yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia sehari-hari seperti nasi, roti, jagung, mie, ubi, sagu, hingga sereal.

Fungsi karbohidrat ini bisa memberi energi bagi tubuh seseorang yang bisa jadi bahan dasar untuk beberapa bagian dari sel tubuh.

Sekitar 50% dalam kalori harian yang kalian makan harus berasal dari karbohidrat tapi kamu enggak disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat berlebihan.

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat bisa menyebabkan gula darah jadi tinggi dan memicu diabetes.


Gejala kelebihan karbohidrat misalnya kelelahan, pusing, merasa haus terus, suasana hati yang buruk, perut kembung, hingga munculnya jerawat.

Karbohidrat terbagi jadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana sering disebut gula yang jadi pendongkrak energi instan, dan karbohidrat kompleks adalah rantai panjang molekul gula yang bisa dicerna dengan lebih bertahap.

2. Protein

Protein membentuk sel hingga dna, nutrien ini juga berfungsi untuk membangun tubuh atau pembentuk struktur tubuh.

Manusia bisa tumbuh besar dan memperbaiki sel tubuh yang rusak dengan protein yang setidaknya paling sedikit 10% - 35% dari kalori harian.

Ada sekitar 20 asam amino yang diperlukan tubuh, 11 di antaranya diproduksi oleh tubuh sedangkan 9 di antaranya enggak diproduksi tubuh yang harus diperoleh oleh makanan.

Sembilan macam asam amino yang disebut dengan amino esensial yang bisa diperoleh dari telur, daging merah, daging ayam, kacang-kacangan, dan ikan.

Protein yang berasal dari tumbuhan enggak memiliki asam amino esensial lengkap seperti yang ada pada protein hewani.

3. Lemak

Lemak enggak selalu buruk tapi bisa jadi sumber energi, karena lemak menghasilkan energi dua kali lebih besar dari karbohidrat.

4. Vitamin

Vitamin diperlukan untuk memelihara fungsi sistem tubuh, namun enggak punya kandungan energi untuk tubuh.

Vitamin diperlukan tubuh untuk membantu mempercepat reaksi kimia dalam tubuh, dan bisa ditemukan dalam sayur-sayuran, buah-buahan, hingga kacang-kacangan.

Vitamin terbagi jadi dua tipe yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

Vitamin yang larut dalam lemak ditemukan dalam vitamin A, D, E, dan K, sedangkan vitamin yang larut dalam air misalnya vitamin C dan vitamin B.

5. Mineral

Sama seperti vitamin, mineral enggak menghasilkan energi tapi tubuh tetap membutuhkan nutrien yang satu ini meski dalam jumlah sedikit.

Mineral besi yang dibutuhkan supaya sel darah merah bisa berfungsi, kalsium bisa mendukung pembentukan dan kesehatan tulang dan gigi, juga magnesium yang menjaga kesehatan otot dan saraf.

6. Air

Air adalah nutrien yang paling penting karena 70% dari tubuh manusia terdiri dari air.

Seluruh aktivitas penting tubuh terjadi di dalam air, yang bisa membantu mengatur suhu normal tubuh dan bisa membuang sisa metabolisme.

Air juga bisa menjaga organ tubuh tetap berfungsi baik, sehingga kamu disarankan minum 2 liter air per harinya.


Sumber :https://kids.grid.id/read/473661222/makanan-dan-sistem-pencernaan-apa-itu-nutrien-materi-ipa-kelas-8-smp?page=all





Tidak ada komentar:

Posting Komentar